Langsung ke konten utama

Rubel, saksi hidup rusia yang masih eksis


Setiap negara memiliki sejarah mata uangnya sendiri, entah uang tersebut masih berlaku sampai saat ini ataukah telah tiada karena sudah ditinggalkan masyarakatnya maupun negara tersebut telah bubar. Kali ini saya akan membahas tentang uang rusia yang ternyata memiliki sejarah panjang dari abad pertengahan hingga saat ini yaitu rubel.

Rubel, mata uang rusia yang sudah ada sejak beberapa abad yang lalu. Sejarah pembuatan uang ini dimulai dari koin rubel pada tahun 1704. Awalnya bahan dasar koin rubel  terbuat dari perak, lalu varian bahannya bertanbah, ada beberapa koin rubel yang terbuat dari bahan platinum pada abad ke-19.

Seiring berjalannya waktu, rubel dengan bahan emas diperkenalkan pada  tahun 1897 berat sekitar 0,774235 g emas dan berganti lagi bertatnya menjadi 0,987412 g emas pada masa Uni Soviet tahun 1961. Sekarang uang rubel tidak lagi disangkut pautkan dengan emas.


Dalam kesempatan ini saya akan mengupas kisah rubel pada masa uni sovyet. Karena kebetulan saya pernah mengoleksi koin tersebut dan sebagai telah terjual. Seperti pada gambar, uang rubel milik uni sovyet lebih sering dibuat dari bahan nikel, seng, dan tembaga dibanding bahan asalnya. Hal ini wajar kala itu dimana zaman itu penyamaan kelas sosial tengah gencar dilakukan dan nilai tukarnya sudah tidak lagi menggunakan emas sebagai acuan nilai uangnya, mereka menggunakan "emas hitam" sebagai acuan mata uang. 

Ketika uni sovyet runtuh pada tahun 1991, rubel masih tetap digunakan sebagai mata uang rusia akan tetapi tak seperkasa dahulu mengingat minyak mentah tengah mengalami penurunan harga dan banyak diantara rakyatnya lebih suka menyimpan uang dengan mata uang lain seperti dollar yang akan saya bahas di kesempatan lain.



keterangan: koin rubel dan kopecks edisi  peringatan 50 tahun uni sovyet
dari kiri ke kanan

Satu rubel (koin besar)

Negara                  :               Uni Soviet (Uni Soviet)
Tahun                    :               1967
Nilai                      :               1 rubel (1 SUR)
Logam                  :               Tembaga-nikel-seng
Berat                    :               11,25 g
Diameter              :               31 mm
Tebal                    :               2,1 mm
Bentuk                 :               bulat
pinggiran koin       :               1917-1967 * GLORY TO GREAT OCTOBER *


50 kopecks (koin kecil)

Negara                :               Uni Soviet (Uni Soviet)
Tahun                  :               1967
Nilai                    :               50 Kopecks (0,50 SUR)
Logam                 :               Tembaga-nikel-seng
Berat                   :               6,45 g
Diameter             :               25 mm
Tebal                  :                2 mm
Bentuk                     :                   bulat

Selain itu, inilah beberapa koin kopecks (setara dengan cent) yang pernah saya koleksi. 








Komentar

Postingan populer dari blog ini

koin yang terlupakan

koin tak selamanya bulat, ya memang ada beberapa koin yang memiliki rupa yang tak lazim, misalnya saja uang 1 cent king george V yang berbentuk kotak, uang cent hongkong yang berbentuk bunga, atau hexagonal seperti uang cent australia. kawan, membahas rupa koin, saya ingin membahas sedikit cerita tentang "koin yang terlupakan" oleh kita, terutama orang jawa khususnya.
seperti pada gambar dibawah ini, barisan logam pipih ini bukanlah besi yang digunakan sebagai kancing celana jeans atau untuk jaket. jika kita amati lagi akan nampak perbedaannya. meski tampak kusam, sejatinya ini adalah salah satu alat tukar yang pernah digunakan pada masa dahulu, dan sebenarnya gambar dibawah adalah koin yang terbuat dari perak. benar gambar ini adalah uang perak yang memiliki kadar perak hingga 80 persen dan memiliki kandungan emas 20 persen


koin di atas adalah koin perak kerajaan majapahit, sekitar abad 11-13 masehi. walau sejatinya ini adalah koin milik kerajaan sriwijaya, tetapi karena ban…

kamus numismatik #2

B B: Prefix pada uang kertas pendudukan kerajaan Jepang pada PD II singkatan “Burma”. B: Singkatan dari logam untuk Brass (kuningan) BAATH (B): Nama mata-uang negara Thailand. (Lihat : Mata-uang negara-negara di dunia) BACK: Sisi belakang dari uang kertas, kalau pada coin disebut “reverse” (lawanya "obverse) BAISA: Mata-uang pecahan kecil negara Oman ( 1.000 Baisa = 1 Rial ). LIHAT : mata-uang negara-negara dunia BALBOA (B): Nama mata-uang negara Panama. Pecahan cent-nya disebut Centesimo.(Lihat : Mata-uang negara-negara di dunia) BAMBOOGELD TOKEN: Atau Uang Bambu. Toekn yang terbuat dari bambu dan berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah pada daerah tertentu yang ditetapkan. seperti : Token Bamboo Tjirohani, Uang bambo yang berlaku di perkebunan "Tjirohani" - Sukabumi 1870-1885. BAN: mata-uang pecahan Cent negara Moldova ; Romania ( 100 Ban = 1 Leu ). Sebelumnya memakai Rubel BANGKA (BANKA): Merujuk pada nama-nama Perusahaan dari TOKEN TIMAH BANKA,Hampir setelah 15…